In House Training (IHT) adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Pendidik. Materi IHT kali ini adalah PENYUSUNAN KSP PEMBELAJARAN MENDALAM.
Kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai bagian pendidikan berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan pengembangan Kurikulum Merdeka serta untuk memaksimalkan kompetensi yang dimiliki.
Jum’at, 18 Juli 2025 yang bertempat di AULA TARUNA SMP Negeri 2 Tengaran Kabupaten Semarang, dilaksanakan IHT PENYUSUNAN KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN (KSP) PEMBELAJARAN MENDALAM. Kegiatan IHT ini dilaksanakan dari tanggal 18-19 Juli 2025 dan bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Pendidik dalam menerapkan pengembangan Kurikulum Merdeka.
Selama kegiatan ini berlangsung mencakup 2 sesi pemateri. Pemateri 1 oleh Ibu Khabibah Ratnaningsih, S.Pd., M.Pd. selaku Pengawas Sekolah Disdikbudpora Kabupaten Semarang, guru-guru di berikan pemahaman terkait dengan penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan yang berorientasi pada Pembelajaran Mendalam dalam pengembangan Kurikulum Merdeka. Pemateri 2 oleh Bapak Eko Lesmono, S.Pd., M.Pd. selaku ketua PGRI Cabang Kabupaten Semarang, dimana guru-guru di berikan pemahaman terkait Mindset Pembelajaran Mendalam yang di terapkan dalam Kurikulum Merdeka.
Selain mengenalkan dan mempersiapkan RPP model pembelajaran mendalam, terhadap Kurikulum Merdeka, IHT juga membantu membangun jaringan dan kolaborasi antara guru-guru di sekolah. Hal ini memungkinkan mereka untuk berbagi pengalaman dan ide dalam menerapkan kurikulum ini dengan efektif.
Dengan semangat dan pemahaman yang diperoleh dari In-House Training ini, guru-guru SMP Negeri 2 tengaran siap dan semangat untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka model pembelajaran mendalam. Ini adalah langkah penting dalam upaya untuk memajukan sistem pendidikan dan mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan yang relevan perkembangan pendidikan nasional.